Monday, June 3, 2019

Tambahan HOTS pada Rpp Smk Kurikulum 2013 Revisi 2017 Saat Ini

Pada kesempatan kali ini admin blog piecesofthet21journey akan mengulas mengenai adanya tambahan HOTS pada rpp smk kurikulum 2013 revisi 2017. Higher Order of Thinking Skill (HOTS) merupakan kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, juga berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. K13 juga menuntut materi proses mengajarnya sampai metakognitif yang mensyaratkan peserta didik mampu buat memprediksi, mendesain, juga memperkirakan. Sejalan dengan itu ranah dari HOTS antara lain analisis yang merupakan kemampuan berpikir dalam menspesifikasi aspek-aspek/elemen dari sebuah konteks tertentu; evaluasi merupakan kemampuan berpikir dalam mengambil keputusan berdasarkan fakta/informasi; juga mengkreasi merupakan kemampuan berpikir dalam membangun gagasan/ide-ide.


Maka tidak mungkin lagi menggunakan model/metode/strategi/pendekatan yang berpusat kepada guru, namun kita sangat penting mengaktifkan siswa dalam proses mengajar (Active Learning). Khusus buat PPK merupakan perencanaan yang rencananya akan disesuaikan dengan 5 hari belajar maupun 8 jam sehari , kemudian 2 hari merupakan pengajaran keluarga. Perubahan K13 revisi terbaru 2017 Ini sangat penting buat diketahui oleh semua guru yang mengajar di sekolah smk pelaksana k13. Walaupun demikian ternyata banyak guru yang belum mengetahuinya. Hal tersebut dikarenakan pelatihan k13 di indonesia belum merata.

Hasil revisi K13 yang terjadi salah satunya pada perangkat proses mengajar guru. Nah telah ketahui bersama bahwa Resmi! Mulai Juli tahun 2017 K13 Diberlakukan Secara Nasional. Apa saja perubahannya. nah, berdasarkan informasi yang kami kutip dari salah posting di forum guru indonesia, berikut merupakan hasil pelatihan revisi K13 yang sangat penting disampaikan kepada seluruh guru di indonesia.  Nama spektrum tidak berubah menjadi spektrum nasional tapi tetap K13 Edisi R evisi yang berlaku secara Nasional. Demikian ulasan adanya HOTS dalam rpp smk kurikulum 2013 revisi 2017. Semoga ulasan admin blog piecesofthet21journey bermanfaat

No comments:

Post a Comment